Perancangan Bangun Sistem Elekctronic Complaint E-KTP Pada Kantor Kecamatan Panongan

Pada perancangan bangun sistem elctronic ini diterapkan pada penanganan keluhan perihal e-ktp di kantor Kecamatan Panongan. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem yang dapat membantu proses penanganan komplain e-ktp agar lebih cepat. Aplikasi ini dirancang dan dibangun dengan berbasi web, dimana aplikasi ini dapat berjalan di semua platform seperti PC(Personal Computer), Laptop, Tablet, bahkan Smartphone.

Cara kerja aplikasi ini adalah melakukan live chat kepada operator yang sedang online. Walaupun operator sedang offline, warga tetap bisa mengirim pesan ke operator guna menyampaikan pesan agar saat operator online akan langsung dibalas.

Dalam membangun aplikasi ini ada bahasa pemrograman yang digunakan, yaitu PHP dan Java Script. Untuk Database menggunakan MySQL sebagai penyimpanan data. Dan perangkat lunak yang digunakan dalam membangun aplikasi adalah XAMPP sebagai package web server dan Dreamweaver CS5.

Dapat simpulkan bahwa :
Aplikasi ini menggunakan media transmisi melalui udara, karna harus menggunakan sinyal. Terintegrasi dengan PC, Laptop, Tablet dan Smartphone.

Leave a comment